Monday, August 9, 2010

My french interest.



                                  Kekuatan buku-buku bekas.


  Hidup gw memang ga jauh2 dari tumpukan buku2. Buku2 yang numpuk di sudut2 kamar, di dalem lemari. Buku2 lama yang lecek, sobek2. Malahan sebuah buku bekas aja udah cukup bisa memunculkan french interest gw, dan bikin gw terobsesi ama seni, pikiran, tulisan, dan segala sesuatu yang berbau prancis.

  Smuanya dimulai bulan april 2008. Seperti biasa di hari minggu pagi, gw wajib musti nongkrong di tempat orang2 jual buku bekas, sekitar lapangan gasibu bandung. Kebiasaan itu udah berlangsung dari dulu, mungkin dari gw masih SD.

  Udah banyak buku2 langka yg gw dapet dengan harga murah, hasil berburu di gasibu. Diantaranya yang paling gw suka, ada 4 buku prize winning photografi cetakan 1950an, yang masing2 harganya cuma empat ribuan. Buku super jadul itu, isinya kumpulan foto2 terbaik taun itu. Gw juga suka dapet buku2 cerita cetakan jaman belanda, yang ejaannya belom sempat disempurnakan. Semua gw dapet demgan harga antara 100-15.00an. Tapi ada juga buku2 langka yang di jual super mahal, dan gw ga mampu beli.

  Pagi itu, diantara tumpukan buku2 bekas yang berantakan, gw nemuin buku katalog yang isinya gambar foto lukisan2 karya 5 pelukis prancis. Monet, Braque, picasso, Derain, Matisse. gw bwli seharga sepuluh rebuan.

  Gw bener2 terpesona ama pemandangan prancis yang dilukis, ama 5 pelukis jempolan itu. Terutama karya2 awal karir Monet, (bukan monyet). Lukisan2 pemandangan prancis abad pertengahan, menara eiffel, sungai seine, dan lain2.

  GW pikir, suatu hari gw harus kaya raya, punya pacar yang sangat2 cantik, trus gw ajakin maen ke prancis. Amin.


 Semua orang tau kalau prancis adalah ibu kota seni dunia. Pelukis, dan penulis kaporit gw, ada di prancis. Penulis kaya jean-paul sartre, victor hugo dkk yang karya2nya dulu sering gw baca di perpustakaan waktu SMA, berasal dari prancis.

  Dan, gara2 gw beli buku bekas juga, di gasibu juga, bulan agustus 2009, yang judulnya Le feld-marechal von bonaparte, karya Jean dutourd. Mulialah gw punya niat buat belajar bahasa prancis, secara otodidak. Gw belajar dari buku2 bekas yang gw beli murah di lapangan gasibu juga.

  Buku, Le feld-marechal von bonaparte, yang gw beli 15 rebuan itu, sebenernya buku asli dari prancis, isinya juga full bahasa prancis, cuma karena udah lecek banget, makanya dijual murah. Gambar di cover depannya keren banget, gambar logo kerajaan prancis jaman napoleon dulu. Dan belakangan, setelah gw berjuang mati2an nerjemahin pake kamus, gw baru tau kalo buku itu isinya tentang penjelasan kenapa prancis mengalami kemunduran pasca kemenangan besarnya atas inggris.

  Kalau sekarang sih gw udah ampun belajar bahasa prancis. Susah banget. Apalagi belajarnya otodidak dan cuma ngandelin buku2 bekas en jadul doang. Soalnya bahasa prancis ntu, cara penulisan ama pengucapannya jauh beda. Sampai skarang gw baru bisa beberapa kalimat aja, plus beberapa kata2 penting yang bisa di pake buat keren2an.Sebelum ahirnya gw bener2 nyerah belajar bhs prancis. Padahal, klo gw bisa kuasai bhs prancis, gw pikir gw bisa keliatan keren di depan cewe2. Tapi kalo gw paksain terus, bisa2 lidah gw keram.

   Tapi biarpun gw gabisa lancar bahasanya, gw tetep suka ngulik informasi dan pemikiran2 prancis. Dan apalagi stlah gw secara resmi kerja bareng ribuan judul buku, gw bisa lebih banyak dapet informasi. Bukan cuma yang menyangkut prancis dan segala tetek bengeknya, tapi juga pemikiran2 lain dari belahan dunia manapun bisa gw akses.Gw bisa baca karya2 besarnya mbah voltaire, sartre, hugo, descrantes, jacquess rosseau, dan ramalan manjurnya mbah nostradamus. Gw bisa eksplor perasaannya ernest hemingway, yang bersemangat nyeritain pengalamannya hidup susah di prancis, lewat buku a moveable feist.



  Prancis, khususnya paris, selalu punya tempat khusus di otak gw. Sama kaya Frank sinatra yang terobsesi dgn paris. Gw harap suatu hari nanti gw bisa berkunjung ksana, beli buku2 bekas di pinggiran sungai seine yang ngetop itu. Nyekar ke makam sartre, main ke  etoile, beli CD aslinya Edith piaf, Yves montand, Jacques brel, Charles aznavour dll. Diundang ke festival film cannes. Naik ke puncak menara eiffel, en kencing dari atas sana. Seperti yang pernah gw lakuin di Borobudur waktu SMA dulu.

Paris les paris lyric.


Artist: Paolo Conte
Album: Razmataz
Title: Paris, Les Paris

Oui, beaucoup d’paris
uni, tant de paris
tant de paris dans la tête d’quelqu’un
tant de paris dans la main d’quelqu’un
tant de paris dans le charme d’quelqu’un
ou!, beaucoup de paris...
Paris,
une journée pleine de vagues
qui rient comme des blagues, Paris...
Paris, paris de courage
couleur de l’orage
orage piem de paris, Paris...
Paria, plein d’avantages
Paris, c’est toute une blague
pleine de paris...

No comments:

Post a Comment