Tuesday, March 9, 2010

Cara Menggunakan Photoshop

Cara Membuka dan Mengoperasikan Photoshop cs 3

Photoshop merupakan program dari adobe yang berguna untuk mengolah gambar atau memanipulasi gambar . disini saya akan memberikan sedikit banyaknya pengetahuan tentang tata cara dasar mengedit mengedit photo , mulai dari awal sampai cara penggunaan blur tool dan dua efek yang terdapat dalam menu filter .

Langkah awal dalam menjalankan program Photoshop ini adalah :

Bukalah program Photoshop dengan cara mengklik pada bagian START , kemudian menyorot panah mouse pada ALL PROGRAM dan selanjutnya pindahkan kursor pada Adobe Design Photoshop CS3 yang sudah di instal sebelumnya dengan CD software

Setelah program terbuka ada tampilan seperti ini

Kemudian buka folder photo anda yang ingin di edit , dan saya memilih foto saya sendiri

Klik photo tersebut dan tarik kedalam photoshop , sebelumnya pastikan toolbar menunjuk pada movetool ,

Sebelumnya mungkin photo anda dalam keadaan terbalik dan perlu pemutaran . dalam konsep ini saya akan memberikan rincian tentang membalik photo ,

berikut langkahnya
Klik menu image pada toolbar sejajar dengan menu file , lalu klik Rotate Canvas dan sorot ke kanan . jika photo anda terbalik ke kiri pilih 90 CW , maka hasilnya akan tegak .

Kondisi awal photo biasanya kabur apabila pemotretan di lakukan pada kamera handphone , saya akan mengatasi keadaan seperti itu dengan memperhalus kondisi , klik menu filter pada toolbar yang ada di bagian atas tetap sejajar pada menu file dan menu image yang tadi telah saya jelaskan , kemudian klik blur dan sorot kursor kearah gaussian blur

Ada tampilan seperti jendela di bawah ini , saya ingatkan saat memblur photo jangan terlalu kabur bila ingin hasil yang lebih sempurna . klik seperti gambar yang berlingkar merah di bawah ini atau dengan mengganti radiusnya , lalu klik ok . maka anda akan mendapatkan photo yang kurang lebih seperti kamera profesional ,

Kemudian selanjutnya saya akan mengubah warna atau kondisi muka anda menjadi putih bersih . klik lagi menu filter lalu klik Distort dan sorot ke samping anak panah dan pilih DiffuseGlow…

Akan terbuka lagi sebuah tampilan jendela , atur Graininess , Glow Amount , dan Clear Amount . Graininess berguna untuk mengatur efek bintik pada photo filter . untuk menghilangkan efek tersebut pilih angka nol di sampingnya . Glow Amount berguna untuk mengatur cahaya atau kondisi photo pada bagian tegah photo yang akan di edit . Clear Amount berguna untuk mengatur efek putih yang ada pada samping gambar . dalam contoh ini saya menggunakan 0 untuk Graininess , 1 untuk Glow Amount , dan 11 untuk Clear Amount .

Selanjutnya saya akan memperkenalkan blur dalam versi lain yang tidak terdapat pada menu filter pada tool bar , blur ini bernama blut tool karena berada di atas toolbar . kegunaan blur ini adalah untuk memblur sebagian dari photo . karena pada blur dalam versi gaussian blur itu memblur atau menyamarkan seluruh bagian pada gambar .

Kedua klik brush di samping logo blurtool yang terdapat pada bagian atas . lalu ubah ukuran brush atau model brush yang ingin di gunakan dalam konsep ini . klik seperti linkaran merah di bawah ini untuk mengubah ukurannya . saya menggunakan 236 px atau pixcel ,

lalu saya mulai memblur bagian yang saya anggap kurang dan perlu di samarkan . dan hasilnya seperti di bawah .

anda bisa saja mengkreasikan photo anda sesuai selera dan saya mengkreasikan photo saya seperti di bawah ini , misalnya dengan menambahkan frame old paper yang ada pada koleksi anda lalu mengganti opacitynya , atau brush lain , atau mungkin saja mengubah cahaya . dapat juga di gunakan menu blend agar photo semakin memuaskan .

dan menambahkan text pada photo tersebut ,

No comments:

Post a Comment